WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Menggunakan Multimeter

Cara menggunakan multimeter - Multimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan (Ampere), arus listrik (Voltage), dan hambatan (Ohm/Resistance) dalat satu unit. Multimeter juga biasa disebut sebagai multitester atau AVO meter (Ampere Voltage Ohm). Terdapat dua jenis multimeter dalam menampilkan hasil pengukurannya yaitu multimeter digital dan multimeter analog.

Mulimeter terdiri dari 3 bagian utama yaitu:
1. Display
2. Selector Switch
3. Probe

Bagian-bagian multimeter digital


Bagian-bagian multimeter analog

Dalam penggunaannya multimeter analog dan digital memiliki prinsip kerja yang sama, hanya saja pada multimeter analog kita harus memilih skala pengukuran yang paling mendekati untuk mendapt hasil pengukuran yang lebih presisi.

Cara Mengukur Arus AC


Untuk mengukur tegangan listrik/voltage AC kita putar switch  ke fungsi pengukuran voltage AC, apabila belum tahu kira-kira berapa volt arus yang akan kita ukur, lebih baik gunakan skala pengukuran yang terbesar agar fuse tidak putus karena beban pengukuran lebih.

Cara Mengukur Arus DC

 Untuk mengukur tegangan listrik DC kita putar switch ke fungsi pengukuran arus DC, saat pengukuran pastikan probe tidak terbalik. gunakan probe positif (merah) pada kutub positif dan probe negatif (hitam) pada kutub negatif.

Cara Mengukur Hambatan atau Resistansi


Untuk mengukur hambatan kita putar switch ke fungsi pengukuran hambatan, apabila menggunakan multimeter analog kalibrasi terlebih dahulu dengan mehubungkan probe positif dan negatif lalu kalibrasi pointer atau penunjuk hingga menunjuk tepat ke nilai 0. Gunakan skala yang paling mendekati untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih presisi.




1 komentar: Leave Your Comments