WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian dan Dasar PLC

Pengertian dan dasar PLC - PLC atau programmable logic control adalah suatu rangakain kontrol logika yang dapat mengerjakan fungsi-fungsi kontrol pada level-level yang kompleks.


Pada umumnya PLC digunakan untuk fungsi kendali nalar sekuensial, operasi waktu (timing), penghitungan (counting), perbandingan (comparation).
Di bandingkan prosesor kontrol lainnya PLC mempunyai banyak kelebihan, sehingga banyak digunakan pada mesin-mesin di dunia industri.

Pada awalnya PLC digunakan sebagai pengganti panel relay yang bekerja untuk kondisi ON-OFF untuk pengendali motor, selenoid, actuator dll. Namun pada perkembangannya kini PLC juga dapat menggunakan data memori dan fungsi pemrogaman yang lebih canggih sehingga dapat mengerjakan fungsi kontrol yang lebih kompleks seperti motor servo, robot dll.

Berikut ini adalah video dari BIN yang menjelaskan bagaimana kerja sebuah PLC
 




Kelebihan PLC antara lain: 
-  Mampu bertahan dalam kondisi banyak debu, panas, guncangan, dalam masa penggunaan yg lebih lama.
- Dapat dirawat dengen mudah oleh teknisi pabrik
- Dilengkapi priperal port untuk memasukka data program, memonitor dan memodifikasi data program.


PLC mempunya konfigurasi yang terdiri sari 6 bagian utama :
Bagian-bagian PLC


- Unit power supply
Merupakan unit yang menyuplai tegangan untuk cpu plc
- CPU
Otak dan bagian tervital dari PLC, semua data input yang diterima dan output yang dikeluarkan oleh PLC diolah
- Memori unit
Ram, EPROM, eeprom
-Input unit
Berupa channel yang berfungsi sebagai penerima input dari device seperti : sensor, termocouple, load cell, dll.
-Output unit
Channel yang berfungsi sebagai pemberi perintah kepada device seperti : cylinder, motor, heater, dll.
-Pheriperal
Untuk bentuk konfigurasi PLC sangat bermacam-macam tergantung dari merk dan tipe PLC.


MEREK PLC
Merek-merek elektrikal part

Dipasaran sendiri banyak di jumpai berbagai merek dari PLC seperti Omron, Mitsubishi, Keyence, Allen bradley, Yaskawa, dll. Tentunya semua merek mempunyai kelebihan masing-masing dari segi fungsi, kemudahan pemakaian, dan harga yang ditawarkan. Setiap merek juga menawarkan berbagai jenis dan tipe PLC yang memiliki tingkat kesulitan bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan.




SOFTWARE PEMROGAMAN PLC

Dalam penggunaannya PLC membutuhkan software untuk menulis, mengedit, dan menganalisa program yang ada di dalamnya. Setiap merek mempunyai standar penulisan  program dan software masing-masing. Untuk pemrogaman PLC omron menggunakan software cx-programmer. Untuk pemrogaman PLC mitsubishi mengguanakan software Gx-Developer atau Gx-Work.
dll.

Tampilan GX-Developer




Tampilan CX-Programmer

FLOW CHART KENDALI PLC
PLC bekerja dengan mengolah semua data dari input device (Sensor, limit switch, push button, load cell, thermocouple dll.) untuk mengontrol sekuen atau kinerja dari output device (Motor, cylinder, robot, heater dll.) sesuai dengan program yang di dalamnya.


Bahkan kontrol suatu mesin yang ada di jakarta dapat dikendalikan dari surabaya melalui PLC dengan sistem scada berbasis internet :D


0 komentar:

Posting Komentar