WHAT'S NEW?
Loading...

Belajar pneumatik

Belajar Pneumatik - Pneumatik merupakan teknologi fisika terapan  yang menggunakan gas atau udara bertekanan.

Sistem pneumatik telah digunakan secara luas, dalam dunia industri pneumatik banyak digunakan dalam sistem automasi.


Sebuah sistem pneumatik dikendalikan melalui solenoid katup manual atau otomatis. Memberikan keunggulan  biaya yang lebih rendah, lebih fleksibel, atau alternatif yang lebih aman untuk motor listrik dan aktuator.

Pneumatik juga memiliki aplikasi dalam dunia kedokteran, konstruksi, pertambangan, dll.




Penggunaan Udara Pneumatik


Sistem pneumatik dalam instalasi tetap, seperti pabrik, menggunakan udara terkompresi karena pasokan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan mengompresi udara atmosfer.  
  
Biasanya sistem pneumatik menggunakan unit FRL (Filter Regulator Lubricator) untuk menghilangkan kelembapan dan kotoran pada udara, dan untuk menambahkan sedikit pelumas pada tekanan udara untuk mencegah korosi dan melumasi komponen mekanik.Penggunaan udara pada pneumatik relatif aman karena hanya menggunakan udara biasa yang dikompresi, dan tidak mempergunakan udara khusus atau gas yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Perbandingan Pneumatik dan Hidrolik 



Keduanya, pneumatik dan hidrolik adalah aplikasi dari tenaga fluida.
Pneumatik menggunakan gas mudah mampat seperti udara, sementara hidrolik menggunakan media cair relatif mampat seperti minyak atau oli.

Sebagian besar aplikasi pneumatik industri menggunakan tekanan sekitar 80 hingga 100 pon per inci persegi (550-690 kPa). Aplikasi hidrolika biasa digunakan dari 1.000 ke 5.000 psi (6,9-34,5 MPa), tapi aplikasi khusus dapat melebihi 10.000 psi (69 MPa). [Rujukan?]Keuntungan pneumatik

Keuntungan Pneumatik


  • Pneumatik memiliki sistem yang sederhana, mudah dirancang, dan hanya membutuhkan biaya perawatan yang rendah.
  • Sistem pneumatik juga relatif lebih aman karena menggunakan sumber tenaga dari udara, tidak berpotensi terbakar seperti oli hidrolik



Keuntungan Hidrolik


  • Mampu memindahkan beban yang jauh lebih tinggi dan memberikan kekuatan jauh lebih tinggi dibanding dengan pneumatik.

Logika pneumatik
 sirkuit Pneumatic

Sistem logika pneumatik (Disebut juga kontrol logika udara) sering digunakan untuk mengendalikan proses industri, yang terdiri dari primer unit logika seperti:

And Unit
OR Unit
'Relay atau Booster' Unit
menempel Unit
Unit 'Timer'
Sorteberg estafet
Fluidics amplifier tanpa bagian yang bergerak selain udara itu sendiri
Logika pneumatik adalah metode kontrol yang handal dan fungsional untuk proses industri. Dalam beberapa tahun terakhir, sistem ini sebagian besar telah digantikan oleh sistem elektronik kontrol di instalasi baru karena ukuran yang lebih kecil, biaya lebih rendah, lebih presisi, dan fitur lebih kuat dari kontrol digital. Perangkat pneumatik masih digunakan di mana faktor biaya upgrade yang, atau keselamatan mendominasi.
 

0 komentar:

Posting Komentar